Selasa, 03 Februari 2009

Batik Diminati Artis

BATIK, satu dari sekian banyak kekayaan budaya Indonesia. Dulu orang mengenal batik sebagai barang kuno, dan kebanyakan digunakan sebagai kain gendongan oleh ibu-ibu atau bahkan nenek kita. Jarang sekali kaum muda yang mengenakan batik. Bahkan batik hanya digunakan untuk acara-acara resmi atau acara tertentu saja.
Tapi kini, anda juga mungkin merasakan dan melihat secara langsung, batik digunakan oleh banyak kalangan. Seolah olah batik sedang berada dipuncak kejayaannya. Orang berlomba-lomba mengenakan batik, pria, wanita, tua, muda. Tidak hanya masyarakat biasa, batik juga sudah merambah kekalangan artis.
Seperti Nadine Candra Winata, yang mendatangi stand batik milik Haris Riyadi saat pameran di Jakarta beberapa waktu lalu. Dikatakan Haris, Mantan Puteri Indonesia itu mengaku kagum dengan busana artistik hasil karyanya. Bahkan mantan Puteri Indonesia itu, melakukan pemesanan agar warna dan ukurannya sesuai.
"Tidak hanya Nadine Candra Winata. Artis lainnya, bahkan memberitahukan akan datang untuk memesan langsung produk terbaru itu di rumah produksi kami," ucapnya.
Karya terbaru seniman yang pernah mengenyam pendidikan di akademi seni rupa, Yogyakarta itu memang lagi meledak di pasaran artis, setelah hasil inovasi sebelumnya batik kantong semen.Haris mengaku, sejak membuat jin batik dan mengikutsertakan dalam kegiatan pameran di Jakarta, artis-artis top langsung menyerbu stand yang dibuka. "Setiap saya pameran, artis-artis selalu datang dan menanyakan produk terbaru, karena mereka sudah mengenal saya sejak karya batik kantong semen dipamerkan," katanya.
"Jadi artis-artis sebelumnya telah kontak dulu dengan saya memesan warna dan ukuran. Kemudian mengambil ketika saya pameran di Jakarta. Ada juga yang datang langsung ke Pekalongan," tandas dia.
Seperti sekarang ini artis dan bintang iklan Elma Theana juga telah melakukan kontak akan datang ke griya batik Haris Riyadi di Perum Limas Indah, Krapyak, Pekalongan Utara. Dia juga ingin mendapatkan jin seperti artis-artis lainnya.
"Elma sudah kontak saya akan datang untuk melakukan pemesanan jin batik. Sebab saya tidak produksi banyak setiap produk yang saya ciptakan. Karena saya bukan pengusaha, melainkan seniman dan selalu ingin membuat karya-karya baru," ungkap Haris.
Dijelaskan harga jin tersebut memang untuk kalangan menengah atas seperti artis dan pecinta mode lainnya. Sebab ditawarkan dengan harga minimal mulai Rp 350.000 - Rp 750.000 per potong. (abdurrahman)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar